Istilah-istilah dalam Berbelanja/Berjualan secara Online

Dalam berbisnis secara online ada banyak-banyak istilah yang kadang kita bingung maksudnya apa. Nah baik bagi penjual ataupun pembeli dalam komunitas online, tentunya sangat berguna jika mengerti istilah-istilah tersebut. Berikut akan coba saya jelaskan satu persatu ya.

1) “sista, sist, sis, bro, gan.” Ya, mungkin ini bukan istilah ya, hehehehe… Ini adalah sapaan dalam dunia online. Sista, sis, sist itu adalah panggilan pagi kenalan perempuan, sedangkan bro atau gan adalah panggilan bagi kenalan pria.

2) “ready stock”. Kalau yang ini sudah saya jelaskan kemaren ya. Ready stock menunjukkan bahwa barang tersedia di tempat penjual.

3) “pre order / PO”. Barang yang diinginkan harus dipesan terlebih dahulu ke penjual.

4) “out of stock”. Stock kosong

5) “restock”. Stock akan segera dipenuhi kembali

6) “suplier”. Sama artinya dengan distributor, tempat membeli produk.

7) “reseller”. Orang atau toko yang akan memasarkan produk kita juga.

8) “shipping”. Proses pengiriman pesanan.

9) “dropshipping”. pesanan dikirim oleh suplier atas nama reseller kepada pelanggan dari reseller

10) “TIKI”. Perusahaan jasa pengiriman, jenis yang populer digunakan adalah TIKI REGULER (lama pengiriman 3-4 hari) dan TIKI ONS (One Night Service, lama pengiriman 1-2 hari)

11) “JNE”. Perusahaan jasa pengiriman, jenis yang populer digunakan adalah JNE REGULER (lama pengiriman 3-4 hari) dan JNE YES (lama pengiriman 1-2 hari)
NB: sebenarnya ada banyak jasa pengiriman yang lain seperti ESL, PCP, Pahala Kencana, DHL, UPS, POS INDONEIA, dan lain-lain. Tapi yang paling sering digunakan adalah TIKI dan JNE.

12) “Nomor Resi / Air Waybill Number”. Adalah tanda bukti bahwa pesenan sudah dipaketkan. Jadi bagi yang berencana untuk berbelanja secara online, anda berhak untuk meminta nomor resi pengiriman kepada penjual.

13) “Ongkos Kirim / Ongkir”. Biaya tambahan diluar harga produk, yang biasanya dibayarkan oleh pembeli sebagai biaya pengiriman dengan menggunakan perusahaan jasa pengiriman.

14) “Free Ongkir / Free Shipping”. Pembelian yang dibebasakan dari biaya pengiriman.

15) “Cash on Delivery / COD”. Pesanan akan dibayarkan jika barang sudah sampai di alamat pembeli, biasanya berlaku jika penjual dan pembeli berada di dalam kota yang sama.

16) “Discount Up To …. “. Ini artinya “diskon hingga …..”. Contohnya “discount up to Rp.10.000”, ini BUKAN berarti SETIAP produk mendapat diskon 10.000, tapi ADA produk yang diskonnya 10.000 (maksimal 10.000)

17) “Discount …. off”. Misalkan “discount 10% off”, ini berarti setiap produk akan mendapatkan discount 10% jika memenuhi kualifikasi yang diberikan.

Ingetnya baru segini, nanti kalau ada tambahan saya update lagi deh. ^^

CREDIT TO :www.facebook.com/kainafashion dan www.kainashop.multiply.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s