Ready Stock atau Pre Order???

Bagi kawan yang sudah sering berbelanja atau berjualan secara online, kata-kata ini mungkin sudah tidak asing lagi. Ya, ini adalah pertanyaan yang sering muncul dari pelanggan yang ingin mengetahui sistem ketersediaan barang kita.

Ready Stock, dari katanya saja kita dapat mengartikan bahwa barang sudah tersedia. Jadi jika pelanggan ingin memesan, tidak akan memerlukan waktu lama dalam prosesnya. Tips bagi yang mau berbelanja pada penjual yang menerapkan sistem Ready Stock, yaitu tanyakan lokasi stock berada dimana, karena bisa saja penjual tersebut menerapkan sistem Ready Stock Dropshipping. Ready Stock Dropshipping itu artinya stock berada di suplier dari penjual bukan di tempat penjual itu sendiri. Sederhananya seperti ini, kita sebagai pembeli ada di kota A, penjual ada di kota B, dan suplier dari penjual ada di kota C. Jika kita ingin berbelanja maka penjual akan memesan ke suplier dan suplier akan langsung mengirimkan barang dari kota C ke kota A (tanpa harus ke kota B terlebih dahulu). Suplier mengirimkan barang, seolah-olah dikirim oleh penjual yang berada di kota B, dengan mencantumkan Nama bahkan alamat dari penjual.
Selanjutnya, Pre Order atau yang lebih sering disebut PO itu berarti jika ada pelanggan yang ingin membeli produk, maka pihak penjual harus memesankan terlebih dahulu. Lama pemesanan tergantung, bisa harian, mingguan, malah sampai sebulan. Tips untuk yang mau berbelanja pada penjual yang menerapkan sistem Pre Order:
1) tanyakanlah terlebih dahulu perkiraan datangnya barang (biar ga bosen nungguin ^^), kapan sampai penjual, dan kapan sampai di kita.
2) tanyakan ada tidaknya jaminan uang kembal jika barang tidak jadi datang (karena dengan sistem ini besar kemungkinan barang yang diinginkan out of stock di luar kendali penjual.

Nah sekarang apa dong beda dari Ready Stock Dropshipping dengan Pre Order????
1) Jika Ready Stock Dropshipping pemesanan dari pihak penjual ke suplier bisa satuan, maka Pre Order biasanya bersifat grosir
2) Ready Stock Dropshipping biasanya tidak memerlukan waktu lama dalam pemesanan,hari ini pesan, hari ini bayar, hari ini dipesan ke suplier, hari ini atau besoknya sudah bisa dikirim. Sedangkan Pre Order memerlukan waktu yang lumayan, misalkan hari ini pesan, hari ini bayar (bisa DP bisa full payment), belum tentu hari ini juga dipesankan ke supliernya. Karena ada jangka waktu pemesanan yan ditentukan.

Lebih suka berbelanja pada penjuala Ready Stock atau Pre Order???
^^

CREDIT TO :www.facebook.com/kainashop dan www.kainashop.multiply.com

2 thoughts on “Ready Stock atau Pre Order???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s